Selamat datang Teman2 Mahasiswa baru University of Groningen dan Hanzehogescool University of Applied Sciences..!!!
Semoga semuanya sudah bergabung di milis dan sudah datang ke Groningen, namun jika ada yang belum datang dan dalam waktu dekat akan datang ke Groningen, silahkan membaca email di bawah ini dan mengisi form pendaftaran penjemputan jika membutuhkan bantuan penjemputan. Harap secepatnya menyertakan informasi, karena jika terlalu mepet kami kesulitan mencari relawan penjemputnya.
Yth. Rekan-Rekan Anggota PPI Groningen yang akan memulai studi di Groningen.
Bersama ini kami atas nama Pengurus PPI Groningen akan membantu kedatangan rekan-rekan semua dari Indonesia untuk memulai studi di Groningen. Kami dan teman-teman Mahasiswa Indonesia di Groningen lainnya akan berusaha memberikan informasi dan petunjuk jalan serta menemani perjalanan rekan-rekan semua mulai dari stasiun Groningen hingga sampai di housing anda.
Untuk perjalanan dari Bandara Schiphol hingga stasiun Groningen, rekan-rekan dapat menggunakan kereta listrik dengan biaya 24.10 euro untuk kelas 2 tanpa korting. Lama perjalanan adalah 2 jam 11 menit. Tiket dapat dibeli di loket kereta NS di bandara Schiphol.
Kereta menuju Groningen akan selalu berangkat dari spor (peron) 1 atau 2 yang berada di bawah bandara. Kereta akan selalu berangkat 2x dalam tiap jam (menit ke-3 dan ke-33). Harap rekan-rekan menggunakan kereta pada menit ke-3 agar tidak berganti (overstap) kereta yang akan merepotkan rekan-rekan sendiri nantinya. Jika rekan-rekan terpaksa menggunakan kereta pada menit ke-33, maka rekan-rekan akan berganti kereta (overstap) di stasiun Zwolle. Waktu pergantian kereta sangat singkat (+/- 10 menit) menuju kereta selanjutnya yang berada di seberang peron dari 6 ke peron 7. Silahkan rekan-rekan bertanya kepada kondektur atau penumpang lainnya akan gerbong kereta lanjutan menuju Groningen. Untuk informasi lebih jauh, silahkan membuka situs kereta NS (www.ns.nl yang juga memiliki opsi bahasa inggris).
Jika rekan-rekan tertinggal jadwal kereta baik di bandara Schiphol maupun di stasiun transit, maka anda tidak perlu khawatir, karena tiket anda berlaku untuk keberangkatan di jadwal selanjutnya. Dan harap berhati-hati untuk tidak menempatkan tas laptop/kabin di rak atas tempat duduk anda guna mencegah tindak pencurian di dalam kereta yang sangat sering terjadi.
Bagi rekan-rekan yang membutuhkan bantuan arahan untuk dapat menuju housing masing-masing di Groningen, maka kami menyediakan formulir isian data diri dan jadwal kedatangan di Belanda sebagai acuan tim penjemputan yang akan dipersiapkan kemudian. Harap kiranya formulir ini diisi dengan detail. formulir dapat diakses dan diisi melalui link dibawah ini:
https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dEpHY0plSkRhZHNQUGtMY0xtbTJ4YWc6MQ
dan setelah rekan-rekan mengisi, maka data anda akan tertera dan menjadi acuan dalam spreadsheet di bawah ini:
https://docs.google.com/spreadsheet/ccc?key=0AjsyNOxX39PgdEpHY0plSkRhZHNQUGtMY0xtbTJ4YWc#gid=0
Harap kiranya data kedatangan ini dapat diisi sedini mungkin begitu rekan-rekan memiliki kepastian keberangkatan agar dapat dipastikan kesiapan teman-teman Mahasiswa Indonesia di Groningen yang memiliki keluangan waktu untuk menjemput.
Untuk mengantisipasi keadaan darurat, hendaknya rekan-rekan memiliki informasi rute bus menuju housing. Hal ini sebagai antisipasi jika anda terpaksa menuju housing seorang diri. Informasi nomer bus dan halte di lokasi terdekat dengan housing dapat dilihat di situs www.9292.nl yang juga memilii opsi bahasa inggris. masukkan informasi berikut:
Van (dari): Groningen station
Naar (menuju) : Isi alamat housing berikut kodepos.
Datum (tanggal) : sesuaikan dengan hari kedatangan
Tijd (jam) : perkiraan tiba mengacu dengan waktu kedatangan pesawat dan lama perjalanan ke groningen
pilih vertrek (berangkat)
Tiket dapat di beli di dalam bus melalui supir seharga 2 euro. siapkan pecahan kecil untuk ini, karena kebanyakan supir bus enggan menerima pecahan 20 dan 50 euro. Nama halte tujuan rekan-rekan akan tertera di panel display di dalam bus. Silahkan memencet tombol merah di dalam bus saat halte tujuan anda sudah terpampang sebagai next stop.
Jika ada kata-kata dalam bahasa belanda yang tidak dapat dipahami selama membuka situs, google translate akan dengan senang hati membantu anda. Namun jika ada keterangan yang tidak dipahami selama perjalanan, kebanyakan penduduk Belanda paham berbahasa inggris untuk ditanya.
Untuk pertanyaan lebih lanjut terkait penjemputan, dapat diajukan kepada kami melalui email pengurusppig(at)yahoo(dot)com.
Demikian informasi dari kami, semoga perjalanan rekan-rekan semua dapat berjalan dengan lancar.
Sampai jumpa di CS (GroningeN CentraaL StatioN)
Moderator
Moody van Mils