Activities and EventsLiving in Groningen

Salam perhimpunan!

Pada tanggal 15 Oktober 2022, divisi Internal menjalankan salah satu program kerja mereka yang dinamakan Salam Kenal di Stadspark. Acara ini diadakan sebagai ajang perkumpulan seluruh mahasiswa Indonesia yang baru datang untuk menjalankan pendidikan mereka di Groningen. 

Rangkaian acara Salam Kenal terdiri dari beberapa aktivitas yang dapat membantu para mahasiswa baru dalam mengenal satu sama lain. Dimulai dengan memperkenalkan seluruh anggota BPH PPI Groningen, dan dilanjut dengan berbagi cerita-cerita mengenai pengalaman kehidupan para mahasiswa selama di Groningen. Dalam acara tersebut, Divisi Internal juga telah menyiapkan beberapa games yang berfungsi sebagai ajang icebreaker. Pertama – tama, seluruh peserta dibagi menjadi 11 kelompok untuk ikut berpartisipasi. 

‘Terikat Sarung’ adalah game pertama yang dimainkan oleh para peserta. Game ini dimulai dengan memilih satu anggota dari masing-masing kelompok untuk bertanding dengan dua kelompok lain. Para peserta tersebut akan dipakaikan sarung yang telah di ikat menyambung satu sama lain di bagian pinggangnya. Cara memenangkan permainan ini adalah dengan  mengambil chips yang telah diletakkan oleh panitia. Kelompok peserta yang berhasil mengambil tercepat adalah pemenangnya.

Kemudian dilanjut dengan permainan ‘Panjangan-panjangan’ Permainan ini dimainkan dengan cara meletakkan objek-objek yang peserta telah bawa di rumput dalam bentuk garis.Selain  meletakkan barang – barangnya, para peserta juga diperbolehkan untuk berpegangan tangan untuk memanjangkan jaraknya.  Kelompok yang berhasil membuat garis terpanjang adalah pemenangnya.

Game terakhir bernamakan ‘Suit Muka’ Permainan ini berupa modifikasi dari game suit. Namun, dalam permainan ini, para peserta menggunakan ekspresi wajah-nya untuk menandakan gunting, batu, dan kertas. Para kelompok memilih 3 anggota untuk melawan kelompok lainnya. 

Sebagai penutup acara, beberapa anggota PPI menyiapkan lagu – lagu untuk dinyanyikan bersama. Dengan menjalankan Salam Kenal, kami berharap acara ini dapat mempererat hubungan antar mahasiswa Indonesia yang tinggal di Groningen. Jadi tunggu apa lagi, ikuti keseruan Salam Kenal berikutnya!

Lihat juga, dokumentasi dari acara Salam Kenal yang terbaru pada link berikut : RecapSalamKenal-Instagram

Artikel oleh : Desy Aulia Anwar