Living in Groningen

Memasuki musim dingin terkadang akan lebih enak jika ditemani dengan secangkir minuman hangat seperti kopi, teh maupun cokelat panas. Di Groningen, terdapat beberapa kafe yang dapat dikunjungi, terutama untuk kalian pecinta kopi! Berikut adalah tiga rekomendasi kafe yang menjadi favorit penduduk Groningen, terutama para mahasiswa:

COFFEECOMPANY

Oude Ebbingestraat 39, 9712 HB Groningen

Carolieweg 33, 9711 LR Groningen


CoffeeCompany adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para mahasiswa, baik untuk mengobrol dan bersantai dengan teman maupun untuk belajar. Coffeecompany merupakan kafe franchise, sehingga kafe ini juga dapat ditemui di kota-kota lain di Belanda seperti Amsterdam, Delft, Den Haag, Leiden, Rotterdam, dan Utrecht. Di Groningen sendiri, CoffeeCompany bertempat di dua lokasi, satu di Oude Ebbingestraat dan satu lagi di Carolieweg. Saat mendekati periode ujian, CoffeeCompany di dua lokasi tersebut biasanya ramai dengan para mahasiswa yang ingin belajar, karena kafe ini dapat menjadi tempat alternatif belajar selain di perpustakaan.

Jenis minuman yang ditawarkan di kafe ini dapat dikatakan sangat bervariasi, mulai dari berbagai jenis kopi seperti cappucino, latte, espresso, dan americano, hingga minuman-minuman lain seperti teh dan cokelat panas. Harga yang ditawarkan berkisar antara €2.50 hingga €4, sesuai dengan pilihan minuman dan ukurannya. Selain berbagai jenis minuman tersebut, CoffeeCompany juga menawarkan beberapa pilihan kue serta roti yang bisa disantap sambil menikmati minuman. Kue-kue yang ditawarkan juga beraneka ragam seperti red velvet cake, carrot cake, apple crumble, brownies, dan lain-lain.

MASMAS

Oude Kijk in Het Jatstraat 65, 9712 EE Groningen


MASMAS juga merupakan tempat yang pas untuk para mahasiswa yang ingin kumpul bersama teman-teman sambil mengobrol ataupun untuk belajar. Kafe ini berlokasi di Oude Kijk in Het Jatstraat dimana terdapat banyak sekali pilihan kafe dan restoran yang menarik. Adapun lokasi ini sangat dekat dengan Universiteitsbibliotheek. Ukuran kafe ini terbilang kecil dibandingkan kafe lain seperti Coffeecompany, sehingga sebenarnya tempat ini lebih nyaman untuk mengobrol dan bertemu dengan teman-teman dibanding untuk belajar. Selain itu, MASMAS juga menawarkan berbagai macam board games yang bisa dimainkan oleh para pengunjungnya.

Pilihan minuman di MASMAS juga beragam, mulai dari berbagai jenis kopi, teh, cokelat panas, hingga berbagai pilihan minuman dingin seperti ice tea dan fruit juices. Selain itu, menu makanan yang ditawarkan juga cukup bervariasi seperti kue, sandwich, tosti, serta sup.

BLACK & BLOOM

Oude Kijk in Het Jatstraat 32, 9712 EK Groningen


Black&Bloom adalah salah satu kafe yang sangat populer karena kafe ini merupakan artisan espresso bar pertama di Groningen. Hal yang unik dari Black&Bloom adalah biji kopi yang mereka pakai mereka roast sendiri. Berlokasi di kawasan dengan banyak kafe-kafe yang berderetan serta sangat dekat Universiteitbibliotheek, Black&Bloom bisa menjadi tempat yang tepat untuk berehat sejenak setelah belajar. Black&Bloom juga memiliki peraturan yang unik, dimana para pengunjung tidak diperbolehkan untuk menggunakan laptop di dalam kafe nya. Menurut baristanya, peraturan ini dibuat agar para pengunjung bisa menikmati minuman serta tempatnya dengan santai tanpa stress belajar. Sebagai gantinya, kafe ini menyediakan beberapa buku bacaan yang disediakan untuk bisa dibaca oleh para pengunjung.

Black&Bloom menawarkan minuman-minuman yang terbilang cukup bervariasi, mulai dari menu standar seperti espresso, filtered coffee, teh, cokelat panas, cappuccino, latte, dan flat white, hingga menu unik khas mereka seperti godzilla latte, maple spice latte dan lain-lain. Selain itu, ada pula variasi menu cokelat panas yaitu Monkeyballs, Swissalps, Godzilla, dan lain-lain. Bagi para pengunjung yang suka membuat kopi nya sendiri, Black&Bloom juga menjual produk-produk kopi blended khas mereka sendiri beserta mesin kopinya.

Jika kalian ingin mencari tempat untuk belajar ataupun mengobrol dan bersantai dengan teman-teman di waktu kosong, tempat-tempat tersebut bisa menjadi beberapa pilihan yang sangat disarankan untuk dicoba selagi tinggal di Groningen. Selamat mencoba!

 

Ditulis oleh: Shanisa Rahmaputri Dewanto (Tim Publikasi PPI Groningen 2018/19)