BeritaGroenscup

Dalam rangka mempererat silahturahmi, rasa kebersamaan, persahabatan, dan persaudaraan, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Groningen menyelenggarakan kembali kompetisi olahraga Groenscup yang diselenggarakan untuk keenam belas kalinya. Groenscup sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2001 dengan animo masyarakat Indonesia di Eropa yang cukup tinggi setiap tahunnya.

IMG_4918

Kompetisi olahraga diharapkan dapat mempersatukan seluruh komunitas, khususnya komunitas pelajar Indonesia di Belanda dan di Eropa. Penyelenggaraan Groenscup XVI tahun ini mengundang hampir seluruh perhimpunan pelajar Indonesia di Eropa dan berhasil mengumpulkan 17 komunitas di Eropa dengan 15 diantaranya adalah komunitas pelajar Indonesia di Belanda, Prancis, dan Jerman serta 2 diantaranya adalah Al-Ikhlas Amsterdam dan KBRI Den Haag.  Terdapat 9 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni: catur, capsa, panco, FIFA, futsal, voli, basket, tenis meja, dan bulu tangkis.

Kegiatan yang diketuai oleh Raihan Markatin, mahasiswa jurusan Chemical Engineering, University of Groningen, antusiasme dari peserta, pendukung, panitia, dan warga Indonesia di Belanda ramai memenuhi ACLO Sportcentrum, Groningen, tempat dimana acara berlangsung. Selain itu, kegiatan juga turut dilengkapi dengan bazaar makanan bercita rasa khas Indonesia yang menjadi salah satu daya tarik peserta dan pendukung yang hadir. Salah satu kegiatan yang paling menarik dalam kompetisi ini adalah pertandingan ekshibisi bulu tangkis antara Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, dengan pemenang ganda semi-pro dari PPI Enschede, Belanda.

IMG_4905

Berikut adalah daftar pemenang dalam Groenscup XVI, 29-30 April 2017:

Catur

Juara I Deni W (KBRI Den Haag)

Capsa

Juara I Fandi S (PPI Groningen)

Panco

Juara Putra >75kg Ali S. (PPI Groningen)

Juara Putra <75kg Ade S. (PPI Delft)

Juara Putri Hasya G. (PPI Amsterdam)

FIFA

Juara I Fahmi A. (PPI Groningen)

Futsal

Juara I PPI Dessau

Juara II PPI Prancis

Voli

Juara I AIA

Juara II KBRI Den Haag

Basket

Juara I PPI Bonn

Juara II PPI Den Haag

Tenis Meja

Ganda

Juara I Norman S. & Arif S. (KBRI Den Haag)

Juara II Ariz N. & Setya P. (KBRI Den Haag)

Tunggal

Juara I Arif S. (KBRI Den Haag)

Juara II Munir (KBRI Den Haag)

Bulu tangkis

Semi-Pro Ganda

Juara I Azra & Prayitno (AIA)

Juara II M. Roby & Aris (AIA)

Ganda Bebas

Juara I Nazrul & Sunu (PPI Enschede)

Juara II Ivan H & Mario (PPI Eindhoven)

Tunggal Putra

Juara I Marcel (PPI Köln)

Juara II Bustanul Arifin (PPI Groningen)

Tunggal Putri

Juara I Nur Sobari (KBRI Den Haag)

Juara II Eny Y. (AIA)

Meraih banyak kemenangan di beberapa cabang olahraga seperti catur, tenis meja, voli, dan bulu tangkis menjadikan KBRI Den Haag sebagai Juara Umum Groenscup XVI. Dengan diumumkannya seluruh pemenang dari setiap cabang olahraga, kegiatan Groenscup XVI ditutup dengan secara resmi oleh Bapak H.E. I Gusti Agung Wesaka Puja selaku Duta Besar Indonesia untuk Kejaraan Belanda dan diharapkan dapat mempererat sportivitas dan kebersamaan seluruh komunitas, khususnya pelajar Indonesia yang ada di Belanda dan Eropa.

Sampai jumpa tahun depan!