Living in Groningen

Halo PPIGers! Kelas sudah selesai dan sebentar lagi liburan akan tiba. Bagi kalian yang akan tinggal di Belanda, jangan khawatir! Ada beberapa kota indah yang dapat kalian kunjungi liburan ini yang dapat ditempuh dengan kereta hanya dalam beberapa jam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Brussels

Dikenal karena wafelnya, Brussels adalah ibu kota negara Belgia yang menawan. Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan di kota ini seperti berjalan-jalan di sekitar Grand Place, mengunjungi Manneken Pis yang terkenal, berbelanja cokelat di Royal Gallery of Saint Hubert, serta mengikuti rute strip komik yang mencakup komik populer seperti TinTin dan The Smurfs. Selain itu, ada banyak museum yang dapat kalian kunjungi selama musim dingin ini seperti Royal Museums of Fine Arts of Belgium, Musical Instruments Museum, dan banyak lagi. Sepanjang akhir November hingga awal Januari, Brussels menawarkan salah satu pasar natal terbaik di seluruh Eropa yang wajib dikunjungi liburan ini. Untuk sampai ke Brussels dari Groningen, kalian dapat naik kereta dengan opsi satu atau dua transit dan kalian akan tiba di Brussels dalam waktu kurang dari lima jam.

2. Brugge

Hanya satu jam perjalanan dari Brussel adalah kota Brugge. Kota yang indah ini terletak di barat laut Belgia dan terkenal karena bangunan abad pertengahannya serta jalanan berbatu yang dikelilingi oleh kanal yang indah. Yang bisa dilakukan di sini termasuk berjalan-jalan di sekitar Markt, menjelajahi Old Town, mengikuti tur perahu yang akan membawa kalian keliling kota melalui kanal-kanal, mengunjungi toko cokelat khas Belgia sambil meminum cokelat panas, dan tentunya masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan. Untuk mencapai kota ini dari Groningen, kalian harus transit di Brussels dan naik kereta satu jam ke Brugge. Saya sarankan untuk menginap di Brussels dan melakukan day trip ke Brugge karena hanya satu jam perjalanan dengan kereta api. Kalian dapat menerima diskon selama akhir pekan untuk perjalanan kembali jika kalian menggunakan ‘Weekend Ticket‘ yang dapat Anda temukan di tautan ini: https://www.belgiantrain.be/en/tickets-and-railcards/weekend-ticket

3. Paris

Dikenal sebagai the city of lights dan juga kedekatannya dengan Belanda, tidak heran jika Paris masuk kedalam list kita. Selama liburan ini, Paris menawarkan beberapa Christmas market di seluruh kota. Jika kalian berpikir untuk mengunjungi kota ini untuk malam tahun baru, pergilah ke Champs-Elysées mulai pukul 21:00 dan saksikan bagaimana kota ini memperingati tahun baru. Ada terlalu banyak hal yang dapat kalian lakukan di kota ini sehingga sangat penting untuk mengetahui apa pengalaman yang kalian cari sebelum datang ke Paris. Dari banyak hal yang dapat  dilakukan, kalian dapat menyaksikan Menara Eiffel menyala saat matahari terbenam, dan mencoba salah satu restoran yang ditawarkan kota ini- Paris juga terkenal dengan makanannya yang luar biasa. Hal lain yang dapat kalian lakukan jika ingin memanfaatkan kota ini yang juga terkenal akan industri fashionnya adalah mengunjungi toko-toko di Champs-Elysées atau di department store seperti Galeries Lafayette. Ada banyak juga outlet-outlet yang menawarkan brand-brand terkenal dengan harga lebih murah. Untuk sampai ke Paris dari Groningen, kalian dapat naik kereta menuju Bandara Schipol dan naik kereta Thalys dari sana. Kalian akan berada di Paris dalam waktu kurang dari 6 jam dengan kereta api.

 

*Perlu diingat bahwa sebagian besar toko tutup selama Natal (24 & 25 Desember) serta tahun baru (1 Januari)!

Tentu saja ada lebih banyak kota di dekat Belanda yang belum kami sebutkan seperti Cologne dan Bremen, dan ada juga banyak moda transportasi lain untuk dipilih selain kereta seperti dengan menggunakan bus, pesawat, atau mobil. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman dan mempertimbangkan cara terbaik untuk berkeliling dari satu negara ke negara lain dengan mempertimbangkan waktu dan nilai uang.

 

Selamat merayakan hari Natal bagi yang merayakan dan Selamat Tahun Baru 2020!

Fijne feestdagen!

 

Ditulis dan dipotret oleh : Tiara Permata Sri Kusuma (Tim Publikasi PPI Groningen)