Groenscup

Bertempat di ACLO Sportcentrum Groningen pada tanggal 21-22 Mei 2016, Groenscup edisi ke-15 kembali dilaksanakan. Dengan mengangkat semangat GARUDA atau Gelora Olahraga untuk Persaudaraan, Groenscup XV ini berhasil menjadi wadah para pelajar dan warga Indonesia pada umumnya yang berada di Belanda dan juga sekitarnya untuk berkumpul juga bersilaturahmi sembari berkompetisi di 9 cabang olahraga yang di lombakan.

Tahun ini, GROENSCUP XV diikuti oleh 18 Kontingen dari 3 negara di Eropa yang berbeda. Ada perbedaan dari Groenscup di tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, cabang E-Sport yaitu FIFA dan juga badminton cabang ganda bebas pro turut dilombakan. Sedangkan, nomor yang dilombakan lainnya adalah; futsal, badminton tunggal putra/i, badminton ganda bebas, basket, voli, catur klasik, capsa, panco >75kg, panco <75kg, panco putri, tenis meja tunggal, tenis meja ganda. Disamping nomor yang di lombakan, para peserta dan pengunjung turut dimanjakan oleh food bazaar yang menjual beraneka ragam amakanan khas Indonesia di Groenscup XV.

Food bazar

Food bazar

Kembali, kemeriahan Groenscup XV tahun ini dibuka oleh Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Bapak Ibnu Wahyutomo yang ditandai oleh pemukulan servis bola voli.

Kontingen atlet Groenscup XV

Kontingen atlet Groenscup XV

 

Selama 2 hari, sekitar 350 atlit berlomba-lomba memperebutkan juara pada cabangnya masing-masing tentu dengan harapan membawa kontingennya menjadi juara umum. Di tanggal 22 Mei 2016, Aclo Sportcentrum Groningen menjadi saksi bisu ketika PPNI Belanda mengangkat piala bergilir juara umum Groenscup dengan 5 piala juara 1 dan 1 piala juara 2, sedangkan juara umum kedua menjadi milik PPI Groningen dengan 3 piala juara 1 dan 2 piala juara 2. Sedangkan juara per cabang adalah sebagai berikut:

No

Cabang Lomba Juara 1

Juara 2

1

Capsa Fika F.
(PPI Groningen)
Abdul R. F. Lubis
(PPI Groningen)

2

Fifa 2016 Fahmi A.
(PPI Groningen)

Kevin F.
(PPI Den Haag)

3

Catur Klasik Bapak Suntoro
(PPNI)

Bapak Deni
(KBRI)

4

Panco Putra <75kg Untung Prasetyo
(PPNI)

Arias
(PPI Deventer)

5

Panco Putra >75kg Tyo
(PPI Prancis)

Marcelo
(PPI Bremen)

6

Panco Putri Ayesha Nabila
(PPI Den Haag)
Fidelia
(PPI Den Haag)

7

Futsal PPI Dessau

PPi Jerman

8

Basket PPI Jerman

PPI Prancis

9

Voli PPI Jerman

KBRI Den Haag

10 Tenis Meja Tunggal Yohan
(PPI Eindhoven)

Jamaludin
(PPNI)

11 Tenis Meja Ganda Edi – Jamaludin
(PPNI)

Zakiy – Yusran
(PPI Groningen)

12

Badminton Tunggal Putra E Ari Nugroho
(PPNI)
Ismail Habib M
(PPI Delft)

13

Badminton Tunggal Putri

Octa K
(PPNI)
Agustina Linda
(PPI Delft)
14 Badminton Ganda Bebas Ury – Buce
(PPI Groningen)

Wan Ahmas – Akbar
(PPI Enschede)

15 Badminton Ganda Bebas Pro Asra M – Prayitno S
(AIA)

Ismail Habib M – Indra F
(PPI Delft)

Kemeriahan Groenscup XV ini ditutup oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag, Bapak Bambang Hari Wibisono. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak KBRI di Belanda yang mendukung penuh Groenscup XV dan juga kami mengucapkan sampai jumpa untuk para kontingen di Groenscup 2017 nanti.