Kalau tengah malam lagi keluyuran di centrum dalam keadaan laper, mabok, abis nonton midnite, atau perlu mengunyah (atau semuanya pada saat bersamaan), bisa jajan di FEBO pojok Grote Markt dan Oosterstraat, tetapi saya tidak merekomendasikan junk food ini. Ada berbagai makanan khas Belanda yakni kroket, frikandel, bami, kaassoufle.  Di beberapa toko tertentu, seperti AH, atau di kantin-kantin suka dijual broodje kroket atau broodje frikandel, yakni kroket atau frikandel yang dibungkus roti. Jangan harap lebih banyak. Bener-bener hanya brood (roti) dan kroket/frikandel. Gak ada basa basi irisan tomat, timun, atau saus-saus lainnya. Biasanya makanan ini , terutama kroket dan frikandel, terbuat dari daging sisa, seperti halnya (chicken) nuggets. Sisa apa? Hanya Tuhan yang tahu.

Bami adalah usaha Belanda untuk memasarkan bakmi/noodles terinspirasi bakmi ala Indonesia tetapi ini usaha yang sia-sia karena bami, terutama yang dijual FEBO, rasanya sungguh menyedihkan. Yang paling lumayan adalah kaassoufle (cheese pockets). Juga tersedia patat (kentang goreng) dengan berbagai saus: mayoneis, curry saus, dan pinda saus. Patat Speciaal adalah patat dengan mayoneis dan curry saus (plus potongan bawang bombay mentah – optional), sedangkan Patat Oorlog (artinya “perang”) adalah patat dengan mayoneis dan pinda saus, juga optional dengan bawang bombay mentah. (Kenapa bawang bombay mentah ada di mana-mana?).

Patat met mayo

Patat adalah makanan Belanda yang ada di mana-mana di setiap kota, centrum dan pusat keramaian. Patat atau kentang goreng paling enak adalah yang dijual di gerai De Belg Waterloo di pasar (Grote Markt atau Vismarkt) pada hari pasar (Selasa, Jumat, Sabtu). Kadang diluar hari pasar gerai ini juga ada di depan AH. Gerainya warna merah kuning dan hitam (warna bendera Belgia).  Kentang ala Belgia ini lebih enak daripada versi Belanda. Ada beberapa saus yang bisa dipilih. Paling standard dan paling penting tentu saus mayoneis, dan kalau beli di Waterloo pilihlah Belgische mayoneis! Harganya beberapa sen lebih mahal, tapi rasanya lebih enak. Mungkin lebih berkalori, but who cares?

Selain FEBO ada juga MAX di Peperstraat dimana dijual ayam goreng dan kentang goreng dan gorengan Belanda lainnya.

Pilihan lainnya yang sama tidak sehatnya tapi lebih enak daripada patat adalah (doner) kebab dan shwarma/shoarma. Apa bedanya (doner) kebab dan shwarma?

Jangan lupa mencoba ribsnya!

Pada dasarnya secara konsep sama, yakni irisan daging (kambing, domba, sapi, ayam etc) yang digulung dalam roti pita, kemudian diberi potongan sayuran, saus dan topping lainnya. Tempat kebab paling enak adalah Ozan Doner Kebab yang di Ebbingestraat. Bisa juga pesan schotel, nanti diberi doner kebab plus kentang. Selain kebab, pilihan lainnya yang ada di tempat kebab adalah lahmacun, yakni pizza Turki.  Di Poelestraat , tidak jauh dari bioskop images, juga terdapat doner kebab lainnya, tapi tidak seenak yang Ebbingestraat. Sebenernya cukup banyak bertebaran di Groningen, tapi yang perlu disebut hanyalah Ozan Doner Kebab di Ebbingestraat.

Dan salah satu junk food legendaris lainnya di Groningen adalah spare ribs (halal) Babylon di Oude Kijk in ‘t Jatstraat. Spareribsnya enak, berminyak, berdaging, bergajih. Biasanya porsi spare ribs juga disertai sayuran (salad) dan kentang. Dan yang paling penting, Babylon juga melayani delivery.

Selamat mencoba!!

Kontributor

Cinthya Sopaheluwakan

Foto: alkanchaglar, adactio, symmetry_mind. Melalui lisensi Creative Commons