Ini sangat disarankan bagi Indovers di Groningen yang mau cari kamar. Bagi yang sudah jenuh dengan servis Housing Office bisa menggunakan jasa makelar satu ini yaitu:

IN-groningen

bisa daftar di websitenya di www.in-groningen.nl lalu pilih menu ‘kamers/rooms’ dan klik ‘foreign students’ . Khusus di menu ini, semua informasi ditayangkan dalam bahasa Bugis eh.. bahasa Inggris.

Kelebihan IN-Groningen ini:

Syarat mudah dan cepat (nggak berbelit-belit deh)
Terdapat pilihan harga kamar (200-250,250-300, dst)
Pendaftaran cukup sekali dalam seumur hidup
Pilihan kamar lumayan banyak
Website cukup informatif

Kekurangan:

Bayar 30 euro dulu baru bisa cari kamar
Gambar kamar tidak ada, yang ada hanya gambar bangunan jadi kurang spesifik
Proses menerima offer cukup singkat (hanya 5 hari)

Proses:

  1. Daftar dulu, isi semua informasi yang dibutuhkan dan juga daerah/tempat yang ingin dipilih.

  2. Karena pilihan kamar lumayan banyak, jadi kamar-kamar yang ditawarkan difilter berdasarkan wilayah.

  3. Bayar biaya pendafaran 30 Euro.

  4. Kalau belum bayar, belum bisa memilih kamar. Paling cepat kalau membayar langsung ke kantor IN in Gedempte Zuiderdiep (kawasan Pathe, Toko Melati dan daeah Red Light District 😛 )

  5. Pilih kamar

  6. Setelah membayar, di ‘mijn profiel’ tepatnya di submenu ‘my in-rooms’ anda bisa memilih kamar sebanyak yang anda mau. Jangan lupa untuk memperhatikan status kitchen, toilet dan shower yang kadang harus shared.Size, type of room and remarks juga perlu diperhatikan karena size kadang-kadang lumayan sempit (i.e. 13 m2), type of room yang cukup murah adalah studentenflat dan remarks juga dilihat apakah biaya servis termasuk di biaya bulanan atau tidak.
    Pilihlah kamar disaat banyak orang mau minggat. Untuk bulan Februari paling cocok memilih di bulan Desember dan di Bulan September paling afdol memilih di bulan Juli karena di waktu-waktu yang tersebut diatas, orang-orang mulai meninggalkan tempat mereka.
    Memilih kamar secara brutal (alias banyak sekali) juga tidak diharamkan di IN-Groningen ini. Karena menurut teman saya, dia memilih lebih dari 5 pilihan dan itu wajar-wajar saja.
    Anda bisa melihat posisi anda dalam menawarkan kamar di submenu ‘my results’ . Tapi saya kurang yakin, apakah posisi tersebut menentukan cepat atau tidaknya anda mendapatkan kamar tersebut.

  7. Tunggu email dari IN Accomodation Team

  8. Inilah saat yang paling dinanti, kadang cepat dan kadang lambat . Anda akan mendapatkan email dari IN kalau ada kamar yang tersedia untuk anda. Dan anda bisa melihat kamar tersbut dan memutuskan dalam 5 (lima) hari. Ya!!! Lima hari sodara-sodari.. jadi cepat-cepat saja melihat kamar.
    It’s OK untuk membeli kucing dalam karung, karena pengalaman saya menunjukkan bahwa kamar yang ditawarkan cukup lumayan. Dan perlu diingat bahwa kamar yang ditawarkan dalma kondisi UNFURNISHED. Jadi siap-siap merogoh kocek dan mengeluarkan seluruh ide dan kreatifitas untuk memfurnish kamar anda.
    Dan tenang saja, kawan-kawan di PPIG kadang-kadang menawarkan barang lungsuran yang bisa anda dapatkan dengan harga pelajar dan terkadang gratis (ingat dibaca: ‘Khratiss…’). Atau misalnya anda malu, anda bisa mencari di Mamamini , tempat barang-barang bekas dan untuk furniture baru bisa dicari IKEA di jalan Sontweg.

  9. Datang ke IN dan lihat kamar

  10. Setelah itu, anda bisa datang ke IN untuk meminta kunci untuk melihat kamar. Tetap di gedung Gedempte Zuiderdiep tapi untuk mengambil kunci, letak gedung dekat dengan gedung IN. Tidak begitu jauh cukup jalan +/- 50 langkah kuda (eh.. langkah manusia lahh) dan tempatnya akan ditunjukkan oleh pegawai IN

  11. Accept/Reject

  12. Barulah setelah itu anda bisa menerima tau tidak kamar yang ditawarkan. Sebenarnya bisa sih meng-accept di website. Tapi lebih disarankan agar memutuskan dengan pegawai IN karena sekaligus anda bisa memutuskan kapan anda bisa teken kontrak dan serah terima kunci. Lebih sip dan cepat daripada melalui website. Dan anda bisa melakukannya saat mengembalikan kunci.

  13. Teken kontrak

  14. Belum sampai sini sih, tapi yang dibutuhkan hanya Paspor dan Surat Keterangan dari Universiteit or Hogeschool. Tapi membwa Surat Keterangan Bank juga sangat disarankan. Tidak perlu membawa Discountcard Albert Heijn karena tidak ada mesin barcode. 😛

Semoga informasi ini berguna bagi siapa saja yang berburu kamar di IN-Groningen. Semoga mendapatkan pasangan hidup yang sesuai dan hidup nyaman dan lega bersamanya. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi di account dibawah ini

Sekian dan wassalam,

Muhsin
YM: e.muhsin