Sudah siap-siap berangkat ke Groningen? Bagasi jadi penting banget nih, jadi jangan lupakan tips ini ya:

1. Jika ingin dapat bagasi sampai 30 kg, jangan lupa bawa acceptance letter dari universitas di Belanda. Pastikan juga ekstra bagasi didapat waktu konfirmasi tiket dan bawa acceptance letter ini ke loket check-in di bandara. Pokoknya jangan sampai terkena excess baggage, karena mahalnya setengah mati. Mending dikirim lewat kargo aja kelebihan barangnya (Btw, ini mau kuliah atau pindah rumah sih hehe)

2. Barang yang bisa masuk kabin dibatasi hanya 10 kg, termasuk laptop. Juga jangan kelihatan berat dan besar, karena bakal dilarang sama pramugarinya. Aku pernah liat orang yang disuruh membawa keluar barang-barangnya gara-gara terlalu banyak yang dibawa masuk kabin.

3. Dan yang paling penting, mending membawa satu koper besar daripada bawa beberapa koper kecil, karena bakal susah membawanya. Lagian nanti mesti naik kereta dan bakal tergesa-gesa naik-turun-pindah kereta, kadang lari mengejar jadwal, jadi membawa koper banyak sangat tidak praktis .. dan bisa hilang!

4. Sering terjadi bagasi hilang di Schipol, terutama karena kita terlalu banyak membawa bagasi, sehingga kita lengah. Ada semacam sindikat pencuri, jadi kudu ekstra hati-hati, apalagi dengan laptop dan kamera.

5. Jangan membawa CD/VCD bajakan, karena kalau ketahuan di bandara Schipol, dendanya bisa sampai ratusan euro. Makanan juga biasanya tidak diijinkan, jadi mending ngga usah terlalu repot. Rokok yang bisa dibawa juga terbatas,

6. Pastikan bagasinya dikunci, karena bandara Jakarta tidak aman (hehehe). Tapi kuncinya mesti disiapkan ya, terutama jika ada pemeriksaan bagasi nantinya.

Ini dulu deh, nanti disambung lagi. Sukses dengan bagasinya ya.